Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2024)

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS

Angela Tangke Layuk (Unknown)
Mustamin Anggo (Unknown)
Kadir Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari ditinjau dari tingkat kecemasan matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian eksplorasi dimaksudkan untuk menjajaki suatu fenomena baru yang mungkin belum ada pada penelitian yang dilakukan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VIII yang masing-masing mewakili kategori kecemasan rendah, sedang, dan tinggi. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kecemasan matematis, tes kemampuan berpikir kreatif yang berbentuk soal open-ended, dan wawancara. Adapun pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) siswa dengan tingkat kecemasan rendah dapat memunculkan indikator kelancaran, keluwesan, dan keterincian; 2) siswa dengan tingkat kecemasan sedang mampu memunculkan indikator kelancaran dan keluwesan; 3) siswa dengan tingkat kecemasan tinggi mampu memunculkan indikator kelancaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...