Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan
Vol 3 No 2 (2023): Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan

Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram

Almahera, Almahera (Unknown)
Rosiana, Faelga Sara (Unknown)
Maharani, B. Fitria (Unknown)
Harmoni, Dewi Natalia Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Pelayanan kefarmasian Puskesmas merupakan salah satu kegiatan di Puskesmas yang berperan penting untuk menunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang bermutu. Kepuasan pasien merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam meninjau mutu pelayanan, khususnya pelayanan yang di berikan oleh sebuah instansi kepada pasien nya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei deskriptif yang dimana mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner yang terlebih dahulu telah di uji validitas dan reabilitasnya dengan menggunakan 5 dimensi kepuasan yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, kepedulian dan bukti nyata. Hasil penelitian menunjukan Puskesmas Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram memperoleh hasil Kehandalan (89%), Ketanggapan (88%), Jaminan (90%), Kepedulian (88%) dan Bukti Nyata (92%). Dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa Puskesmas Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram mendapatkan nilai (95%) dengan kategori sangat puas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

medika

Publisher

Subject

Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan focuses on the study of health sciences. This journal publication aims to disseminate conceptual ideas and research results in the health sector. Any interested author can submit their manuscript in English or ...