Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains pada buku teks Biologi berdasarkan dimensi literasi sains yaitu: sains sebagai batang tubuh pengetahuan, sains sebagai cara untuk menyelidiki, sains sebagai cara untuk berfikir, sains dan interaksinya dengan, teknologi, dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi atau dokumen (content or document analysis). Hasil penelitian pada kedua buku mempunyai persentase tertinggi pada dimensi literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan berjumlah 57.5% dan buku II berjumlah 56.66%, dimensi sains sebagai cara berpikir buku I memiliki persentase berjumlah 35% dan buku II berjumlah 27.5%, dimensi sains sebagai jalan investigasi buku I menunjukkan persentase berjumlah 32,5% dan buku II berjumlah 30,83% serta memiliki persentase terendah pada dimensi sains dan interaksinya dengan teknologi dan masyarakat, pada buku I berjumlah 30% dan di buku II yaitu 27,5%. Jadi disimpulkan bahwasanya tingkat literasi sains pada buku teks pelajaran biologi SMA Kelas XI materi sistem pernapasan yang digunakan di Kecamatan Sawit Seberang cukup baik sesuai dengan kriteria penilaian.
Copyrights © 2024