Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 1 (2024): Juni 2024

Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Di SMP Negeri 2 Waingapu

Limanto, Ramana (Unknown)
Bano, Vidriana Oktoviana (Unknown)
Enda, Riwa Rambu Hada (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA serta memanfaatkan model pembelajaran Group Investigation dan media poster. Pelatihan prasiklus, siklus I, dan siklus II untuk tes Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diikuti oleh 32 peserta didik. Pada tahap prasiklus terdapat 16% peserta didik lebih yang merasa telah selesai belajar, normalnya pada siklus I sebanyak 59,06 peserta didik dan ada pula peserta didik yang sudah habis namun belum selesai, dan pada siklus II normalnya sebanyak 83,75 peserta didik. Orang yang tinggi mencapai 87%, sedangkan orang pendek mencapai 13%. Dalam rentang waktu yang sangat lama pada siklus I terdapat 8 orang yang mencapai nilai tinggi, 18 orang mencapai nilai sedang, dan 6 orang mencapai nilai rendah. Siklus II berlangsung dengan 29 orang mencapai nilai tinggi dan 3 orang mencapai nilai sedang. Model Group Investigation yang didukung media poster diduga dapat memberikan manfaat bagi siswa kelas VIII E IPA pada program pengembangan manusia di SMP Negeri 2 Waingapu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...