Penelitian tentang lesson study sudah banyak dilakukan, namun penelitian yang terpublish secara internasional dan terindeks scopus  dari penulis di Indonesia masih minim. Tujuan penelitian ini sebagai bahan untuk mereviuw penelitian-penelitian lesson study yang terpublish di jurnal internasional sebagai altenatif strategi pembelajaran di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pustaka yang menggunakan sumber dari scopus dengan batasan publikasi dari tahun 2018 hingga 2022 pada situs ProQuest, hasil penelurusan dengan kata kunci lesson study yang ditulis pada kolom title words sebagai kata kunci. Ditemukan 20 publikasi dalam ProQuest selama 2019-2023 yang membahas tentang lesson study. Artikel publikasi tentang lesson study selama 2019-2022 lebih banyak diteliti pada tahun 2020 (sebanyak 5 publikasi) berdasarkan hasil analisis data melalui Prouest dan dicek kembali rank jurnal melalui scimago, dan akan terlihat rank atau peringkat jurnal tersebut. Pemilihan jurnal yang digunakan sebagai sampel adalah yang memiliki rank quartil. Hasil riset analisis menunjukkan bahwa  penelitian lesson study kurun waktu lima tahun (2018-2022) lebih banyak membahas tentang proses pembelajaran dengan lesson study baik itu berupa tantangan, manfaat yang secara spesifik membahas tentang implikasinya sebagai alternatif strategi pembelajaran bagi siswa belum banyak diteliti. Sedangkan bagi guru atau partisipan lesson study dapat meningkatkan rasa percaya diri guru dalam mengajar secara professional
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024