Jurnal SOLMA
Vol. 12 No. 1 (2023)

Pendampingan Guru untuk Mengimplementasikan Lesson Study-Learning Community (LS-LC) Di SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu

Eko Susetyarini (Unknown)
Ainur Rofieq (Unknown)
Roimil Latifa (Unknown)
Endrik Nurrohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Background: Guru Bahasa dan IPS belum pernah secara kolaboratif berdiskusi dengan guru serumpun ilmu dan dosen pendamping dalam perencanaan (plan), pelaksanaan (do/open class) dan refleksi (see) pembelajaran. Belum pernah mengimplementasikan Lesson study-learning comunity. Tujuan kegiatan ini untuk mengimplementasikan LS-LC pada guru Bahasa Indonesia, Bahasa inggris dan IPS di SMPM 8 Kota Batu. Metode: Pendampingan dan evaluasi yang diikuti oleh 3 orang guru dari SMPM 8 kota Batu dilakukan dengan metode workshop. Dilaksanakan pada bulan November 2022-Januari 2023. Tahapan meliputi 1). Workshop: Pemberian materi LS-LC, 2). Pendampingan: pembuatan lesson design, open class 3 mapel, refleksi 3 mata pelajaran dan 3) evaluasi: tentang pelaksanaan LS-LC dengan cara FGD dengan guru model, dosen dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara deskriptif Hasil: Guru memahami LS-LC, saat pendampingan dihasilkan lesson design, terlaksananya 2 siklus open class dan refleksi dari mapel bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan IPS. Ada peningkatan presentase refleksi peserta didik mengenai perasaan senang saat pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2:  mapel bahasa Indonesia 20%; mapel bahasa Inggris 70% dan mapel IPS 20%. Kesimpulan: Guru dapat (1) membuat Lesson design, (2) melakukan open class, (3) melakukan see (refleksi) mendiskusikan temuan-temuan belajar peserta didik yang digunakan untuk merencanakan pembelajaran berikutnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...