Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 1 (2024)

Optimizing Islamic Religious Education Learning Evaluation Using Wondershare Quiz Creator

Siti Khoiriyah (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Pendidikan Agama Islam), Jalan Jendral Ahmad Yani No.10, Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115.)
Ahmad Shofiyuddin (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Pendidikan Agama Islam), Jalan Jendral Ahmad Yani No.10, Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115.)
Ahmad Rifqi Azmi (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri ( Pendidikan Agama Islam), Jalan Jendral Ahmad Yani No.10, Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115.)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Background: Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Proses pembelajaran yang sudah mempertimbangkan aspek konten dan subtansi yang bermakna memerlukan alat evaluasi yang sesuai. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan terkait pemanfaatan Aplikasi Wondershare Quiz Creator sebagai alat evaluasi pembelajaran PAI. Metode: Pengabdian ini menggunakan metode Service Learning, yang memberikan penekanan pada aspek praktis dengan mengacu pada konsep Experiental Learning. Hasil: Terjadi peningkatan keterampilan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran PAI berbasis digital menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Keterampilan-keterampilan ini termasuk kemampuan dalam pembuatan akun, penyusunan karakteristik soal, dan penguasaan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Kesimpulan: Penyelenggaraan sosialisasi mengenai penyusunan instrumen evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI) berhasil dilaksanakan dengan baik. Kedua, sejumlah faktor mendukung kesuksesan sosialisasi ini, seperti tingkat antusiasme yang tinggi dari peserta dalam mengikuti program sosialisasi, keragaman konten yang disediakan oleh Wondershare Quiz Creator, dan efisiensi waktu dalam pelaksanaan kegiatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...