Cakrawala: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Cakrawala : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

enguasaan TPACK & Kemampuan Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Perspektif Kurikulum Merdeka

Ajeng Rara Veronica (Unknown)
Taryono (Unknown)
Septi Ayu Puspita N (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor pentingnya penguasaan TPACK dan kemampuan abad 21 bagi guru sekolah dasar yang profesional dalam perspektif kurikulum merdeka. Penelitian ini berjenis penelitian studi pustaka. Adapun tahapan penelitiannya terdiri dari pengumpulan data melalui buku dan jurnal, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena penguasaan TPACK dan kemampuan abad 21 sangat dibutuhkan bagi guru sekolah dasar untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka dinilai sangat sesuai dengan tuntutan kemampuan yang dibutuhkan pada abad 21. Maka dari itu, untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka dibutuhkan guru sekolah dasar yang berkompetensi (profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial). Selain itu, guru sekolah dasar hendaknya juga mempunyai dan dapat mengimplementasikan penguasaan TPACK, kemampuan 4C, dan pendekatan HOTS dalam pembelajaran. Berdasarkan kemampuan tersebut, diharapkan dapat menciptakan pembelajaran di sekolah dasar yang merdeka, mandiri, kreatif, menyenangkan dan bermakna. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal CAKRAWALA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang didedikasikan untuk bertukar hasil penelitian pada semua aspek pendidikan jenjang sekolah dasar. Jurnal ini dapat diakses secara terbuka sehingga semua konten yang tersedia pada jurnal ini diperbolehkan untuk dibaca, ...