Ta'bir Al-'Arabiyyah
Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban

Penggunaan Metode Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran KosaKata Bahasa Arab

Inka, Novina (Unknown)
Suparmanto, Suparmanto (Unknown)
Ma’arif , Syamsul (Unknown)
Nurhidayati , Vivi (Unknown)
Mujiburrahman, Mujiburrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Kahoot sebagai media evaluasi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Kahoot adalah platform pembelajaran berbasis game yang memungkinkan guru membuat kuis interaktif, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptf kualitatif dengan pengambilan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pembelajaran bahasa Arab khususnya kemampuan menghafal mufrodat atau kosakata siswi kelas VIII B ITTIHAAD AL-UMAM masih dinilai kurang efektif karena kurangnya proses evaluasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan Kahoot sebagai media evaluasi tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Arab, tetapi juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Attabirat

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Teaching Arabic as a Foreign Language, Arabic learning innovation, Arabic education, Arabic learning Method, Methods of Arabic Teaching, Media of Arabic Teaching, Arabic Linguistic, Arabic Literature, History of Arabic Education, Strategy of Arabic Teaching, Teaching Media of Arabic, Teaching ...