Journal of Sustainable Community Development
Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Sustainable Community Development

Kegiatan Pendampingan Kelompok Belajar Bagi Murid SD dan Siswa SMP dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Desa Dalihan Natolu

Rahayu, Sri (Unknown)
Pristiyono, Pristiyono (Unknown)
Halim, Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat pada saat melaksanakan KKN Tematik di desa dalihan Natolu yang berlangsung selama 4 bulan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan peran mahasiswa kkn dalam mengatasi kesenjangan dan permasalahan masyarakat tentang berkurangnya motivasi belajar anak yang disebabkan oleh kurangnya pendampingan orang tua dalam proses belajar anak serta faktor internal maupun eksternal lainnya. Metode penelitian pengabdian ini menggunakan metode kualitatif karena penelitian ini merupakan suatu fenomena yang diamati dan dilaksanakan secara langsung oleh mahasiswa berdasarkan fakta yang terjadi dengan menggunakan tahap observasi desa dan tahap pelaksanaan kegiatan, metode analisis data dan penilaian program ini dilakukan dengan menggunakan google form sebagai media untuk menyebar e-kuesioner yang berlandaskan indikator kegiatan yang dijalankan (gambar 9) selama program berlangsung sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan yang dapat dilihat pada tabel penilaian pencapaian (gambar 10). Hasil pengabdian yang diperoleh melalui kegiatan kelompok belajar ini sudah cukup bagus  terlihat dari antusias masyarakat, anak-anak serta mitra lainnya yang mendukung penuh mulai dari pembentukan hingga program ini selesai dilaksanakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jscd

Publisher

Subject

Environmental Science

Description

The Journal of Sustainable Community Development (JSCD) is dedicated to advancing knowledge and scholarship in the field of sustainable community development. JSCD serves as a platform for researchers, practitioners, policymakers, and community leaders to disseminate their work, exchange ideas, and ...