JUTECH : Journal Education and Technology
Vol 5, No 1 (2024): JUTECH JUNI

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ELEMEN STRUKTUR BETON BERBASIS AUGMENTED REALITY

Hutauruk, Denny Meisandy (Unknown)
Wibowo, Harry (Unknown)
Sutrisno, Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran efektif merupakan pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan peserta didik untuk memahami suatu konsep, keterampilan dan hasil belajar yang diinginkan (Hayati, 2017). Elemen Struktur Beton merupakan mata kuliah yang terdapat pada program studi Teknik Sipil. Mata kuliah ini membahas perencanaan dimensi serta tulangan dari lima elemen struktur beton bertulang. Dibutuhkan usaha keras bagi peserta didik untuk memahami setiap detailnya. Agmented Reality merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran. media pembelajaran berbasis augmented reality dapat menaikkan tingkat kepuasan peserta didik dan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif (Mustaqim, 2017). Pada penelitian terdahulu, Hutauruk dan Wibowo (2023) melakukan penelitian berjudul Desain Pengembangan Media Pembelajaran Elemen Struktur Beton berbasis Augmented Reality. Pada penelitian ini media pembelajaran tersebut dianalisis efektivitasnya. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa media pembelajaran Elemen Struktur Beton berbasis Augmented Reality (AR) memiliki nilai efektivitas rata-rata sebesar 3,91. Selain itu, didapat persentase kelulusan setelah menggunakan media ini sebesar 94%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jutech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JUTECH : Journal Education and Technology adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian di bidang teknologi pendidikan, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan ...