Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perakitan Komputer. Selama ini pembelajaran dilaksanakan dengan hanya menampilkan perangkat yang tidak berfungsi sehingga menyebabkan siswa tidak dapat mengeksplorasi pembelajaran. Metode penelitian merujuk pada penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli Media dan Ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,85% dan 100% pada kriteria “Sangat Layakâ€. Pada uji coba skala kecil diperoleh nilai N-Gain sebesar 73,71 kategori “Sangat Tinggi†dengan respon keterbacaan oleh pengguna Guru sebesar 85,75%. Hasil uji coba skala luas diperoleh nilai N-Gain sebesar 76,44 kategori “Sangat Tinggi†Respon Keterbacaan Pengguna Guru sebesar 91,83%. Dapat disimpulkan profuk media yang dikembangkan “Sangat Baik†digunakan.
Copyrights © 2023