Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran matematika saat ini. Tujuan riset ini mengetahui seberapa jauh kemampuan guru matematika dalam memanfaatkan AR dan AI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah guru-guru matematika yang telah menggunakan AR dan AI dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini karena dapat memberikan gambaran dan deskripsi yang lengkap. Analisis data penelitian menggunakan deskripstif kualitatif yang membantu peneliti memberikan penguatan atas temuan yang di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI dan AR sangat membantu guru dalam pembelajaran matematika yang lebih berkualitas. Tantangan terbesar pembelajaran matematika berbasis AI dan AR yaitu proses penyiapan pembelajaran yang sangat membutuhkan waktu tetapi disisi lain, kegiatan persiapan pembelajaran yang sangat membutuhkan waktu, tenaga, dan modal yang tidak sedikit masih belum diperhitungkan sebagai beban kinerja guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024