JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 2 (2024): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Augmented Reality dan Artificial Intelegence untuk Pemeblajaran dalam Persepektif Guru Matematika

Khoerul Umam (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Husnul Khotimah (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Sigid Edy Purwanto (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Ervin Azhar (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Arum Fatayan (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Ishaq Nuriadin (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran matematika saat ini. Tujuan riset ini mengetahui seberapa jauh kemampuan guru matematika dalam memanfaatkan AR dan AI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah guru-guru matematika yang telah menggunakan AR dan AI dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini karena dapat memberikan gambaran dan deskripsi yang lengkap. Analisis data penelitian menggunakan deskripstif kualitatif yang membantu peneliti memberikan penguatan atas temuan yang di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI dan AR sangat membantu guru dalam pembelajaran matematika yang lebih berkualitas. Tantangan terbesar pembelajaran matematika berbasis AI dan AR yaitu proses penyiapan pembelajaran yang sangat membutuhkan waktu tetapi disisi lain, kegiatan persiapan pembelajaran yang sangat membutuhkan waktu, tenaga, dan modal yang tidak sedikit masih belum diperhitungkan sebagai beban kinerja guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...