Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berorientasi pada kearifan lokal, menguji kepraktisan, kevalidan, serta keefektifan media LKPD Matematika HOTS berorientasi kearifan lokal di SD Negeri 8 Lubuklinggau. Jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Populasi serta sampel yang dipilih ialah siswa kelas V SD Negeri 8 Lubuklinggau. Teknik dalam mengumpulkan data mencakup observasi, wawancara, tes, serta angket. Teknik dalam menganalisa data mencakup pengujian kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian menghasilkan bahwa dengan penilaian bahasa, media, serta materi memperlihatkan bahwa media LKPD telah memenuhi parameter valid disertai skor rerata 0,88. Sementara melalui analisa penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa menunjukkan kepraktisan media LKPD dengan skor rerata 92%. Pada pengujian keefektifan, didapatkan N-gain (g) sejumlah 0,68 dengan interpretasi sedang, berarti LKPD Matematika HOTS berorientasi kearifan lokal mempunyai efektifitas sedang. Maka, disimpulkan bahwa media LKPD matematika HOTS berorientasi kearifan lokal dinilai, valid, praktis, serta efektif dalam pembelajaran matematika SD Negeri 8 Lubuklinggau.
Copyrights © 2024