Kecemasan matematika ditandai oleh ketakutan dan stres saat berhadapan dengan matematika, sering menghambat prestasi akademik siswa. Salah satu cara mengatasi kecemasan ini adalah dengan mengembangkan resiliensi, yaitu kemampuan untuk pulih dari kegagalan dan menghadapi tantangan dengan baik. Quizizz, platform pembelajaran digital interaktif, menawarkan solusi dengan fitur umpan balik instan dan sistem penghargaan yang mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan Quizizz terhadap resiliensi diri pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan atau studi literatur. Dengan metode ini, peneliti mengidentifikasi artikel relevan dengan fokus penelitian, yakni 31 artikel Jurnal Internasional yang diakui Scopus dan Jurnal Nasional yang diakui Sinta yang diperoleh dari Google Scholar yang terbit pada tahun 2019-2024. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan berbagai aspek yang membentuk resiliensi siswa, seperti motivasi dan keterlibatan, minat belajar, hasil belajar, kemampuan memecahkan masalah, kemandirian belajar, dan kemampuan komunikasi siswa. Hal ini secara tidak langsung dapat memengaruhi resiliensi diri dalam menghadapi tantangan matematika. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap resiliensi diri pada pembelajaran matematika.
Copyrights © 2024