Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) berbasis media koran digital terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII di SMP Budi Mulia Telukjambe Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Penelitian ini melibatkan dua kelas: kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model PQ4R dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PQ4R secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Model PQ4R terbukti efektif dalam membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam memilih metode pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.
Copyrights © 2024