Intisari: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2024): Intisari: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat

Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)

Mansyur, Umar (Unknown)
Aksel, Muh. (Unknown)
Hijrah, Hijrah (Unknown)
Nensi, Nensi (Unknown)
Pratama, Aldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengimplementasikan program Kampus Mengajar melului kegiatan membantu pembelajaran literasi dan numerasi, membantu administrasi sekolah, dan adaptasi teknologi di SD Negeri Tabaringan 5 Makassar sebagai bentuk penerapan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), serta untuk mengetahui tantangan yang dihadapi mahasiswa selama menjalankan program tersebut. Subjek pelaksana program ini adalah mahasiswa peserta program Kampus Mengajar Angkatan 3 dan Dosen Pendamping Lapangan sebagai tim pelaksana. Mitra sasaran pengabdian adalah peserta didik, guru, dan kepala sekolah SD Negeri Tabaringan 5 Makassar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelaksanaan program Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri Tabaringan 5 Makassar dijalankan dalam tiga tahapan, yakni prapenugasan, penugasan, dan pascapenugasan. Bentuk kegiatan yang dijalankan mahasiswa adalah membantu pembelajaran literasi dan numerasi, membantu administrasi sekolah, dan adaptasi teknologi. Adapun tantangan yang dihadapi mahasiswa antara lain terkait faktor waktu pelaksanaan yang padat, aplikasi MBKM yang sering mengalami gangguan, dan kompetensi bidang ilmu mahasiswa yang kurang relevan dengan bidang kependidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

intisari

Publisher

Subject

Education

Description

Intisari: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat (E-ISSN 2987-5692) adalah jurnal open access dan peer-review yang yang memuat artikel-artikel ilmiah multidisiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang mengandung inovasi dalam bidang Sosial, ...