JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan

PENGARUH PEMBERIAN SANKSI EDUKATIF TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMK PASUNDAN 1 CIANJUR

Auliandini, Rifqa (Unknown)
Rois, Munawar (Unknown)
Sarkosih, Banan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

ABSTRAK Artikel ini membahas mengenai penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui gambaran serta hasil yang didapatkan dari pengaruh pemberian sanksi edukatif terhadap peningkatan disiplin peserta didik di SMK Pasundan 1 Cianjur. Pemberian sanksi edukatif bertujuan untuk meningkatan disiplin peserta didik di SMK Pasundan 1 Cianjur. Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMK Pasundan 1 Cianjur yang berjumlah 392 peserta didik yang terdiri dari dua belas kelas. Sedangkan sampel peserta didik diambil secara acak dari total populasi sebanyak 15% yaitu 60 orang peserta didik. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pemberian sanksi edukatif ternyata memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan disiplin peserta didik di SMK Pasundan 1 Cianjur.Kata Kunci: Positif, Sanksi Edukatif, Peningkatan disiplin

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpphk

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses ...