JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUTHMAINNAH CIANJUR

Sopiah, Sopiah (Unknown)
Indriyani, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Abstrak Sebagai suatu miniatur kehidupan masyarakat yang memiliki paham dan ajaran islam, pondok pesantren Al-Muthmainnah harus mampu mencerminkan nilai-nilai Pancasila dengan baik dalam kehidupan sehari-hari agar dapat tercermin identitas santri sebagai manusia yang beragama sekaligus sebagai warga negara yang baik (good citizen). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari santri di pondok pesantren Al-Muthmainnah Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling serta pencarian data yang didasarkan pada observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kesimpulannya pondok pesantren Al-Muthmainnah Cianjur telah mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Pengamalan dan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang dicerminkan santri pondok pesantren Al-Muthmainnah merupakan sublimasi dari kepribadian, habit, culture dan nilai ajar di pondok pesantren Al-Muthmainnah. Dan perilaku santri sebagai wujud dari nilai ajar di pondok pesantren Al-Muthmainnah berdasarkan pedoman Pancasila menjadi bukti bahwa Pancasila sebagai kristalisasi dari ajaran agama islam. Kata kunci : nilai-nilai pancasila, pondok pesantren, kehidupan sehari-hari, santri

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpphk

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses ...