JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
Vol 13, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS X SMA NEGERI 1 PACET

Nursanti, Ayu (Unknown)
Indriyani, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model problem based learning dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Minat merupakan suatu keadaan di mana seseorang mempunyai perhatian terhadap sesuatu dan disertai keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikannya lebih lanjut. Untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn, maka guru harus memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan keadaan peserta didik. Salah satu model perlu diterapkan untuk menciptakan suasana belajar lebih aktif dan terpusat kepada peserta didik sehingga dapat meningkatkan minat belajar adalah model problem based learning. Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah untuk mengumpulkan pengetahuan, sehingga dapat merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dan belajar secara individu maupun kelompok kecil sampai menemukan solusi dari masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based learning dapat meningkat minat belajar peserta didik, hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya perhatian belajar, meningkatnya keterlibatan belajar, dan meningkatnya kreativitas belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Problem Based Learning. Minat, Belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpphk

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses ...