Penelitian ini dilatar belakangi dari proses pembelajaran yang terjadi dilapangan kurangnya ketersediaan media. Maka perlu adanya pengembangan media Pop-Up Book untuk menambah media dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book sebagai pengenalan simbol sila-sila Pancasila pada siswa kelas III SD. Metode penelitian menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analyze (tahap analisis), Design (tahap desain), Develop (tahap pengembangan), Implemen (tahap implementasi), dan Evaluation (tahap evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Bandungrejosari 1 Malang. Instrument pengumpulan data yang dilakukan berupa angket dan tes. Tes dilakukan setelah siswa pelajari media. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis kelayakan dan kepraktisan. Media pembelajaran Pop-Up Book sebagai pengenalan simbol sila-sila Pancasila tema 1 “ciri-ciri makluk hidup”. Berdasarkan hasil validasi materi memperoleh skor 96,43% dengan kategori sangat layak, hasil validasi media memperoleh skor 82,69% dengan kategori sangat layak, hasil validasi bahasa memperoleh skor 71,43% dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan guru kelas III sebesar 75% dengan kategori sangat baik. Hasil kepraktisan siswa kelas III sebesar 90,62% dengan kategori sangat baik. Sehinga pengembangan media Pop-Up Book sebagai pengenalan simbol sila-sila Pancasila pada siswa kelas III SD dikatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024