Indonesia Berdaya
Vol 5, No 2 (2024)

Pengembangan Model Permainan untuk Meningkatkan Gerak Dasar Manipulatif dan Kerjasama Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Bawah

Santoso, Nugroho Puji (Unknown)
Santoso, Nurhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan untuk mengembangkan gerak dasar manipulatif dan kerjasama secara bersama-sama bagi peserta didi SD yang telah disesuaikan dengan kurikulum serta karakteristik siswa SD. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D, 4D merupakan kepanjangan dari Define, Design, Development, Dissemination. Define. Uji coba skala kecil dilakukan di SD N 3 Bantul. Uji coba skala besar dilakukan di SD Muh serut dan SD N 1 Bantul. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), catatan lapangan, lembar evaluasi, angket skala nilai validasi dan rubrik penilaian. Hasil penelitian ini menghasilkan empat macam model permainan yakni: (1) permainan boltik, (2) permainan tembakan api, (3) permainan meningjau, (4) permainan ular emas. Model permainan disusun dalam bentuk buku pedoman berjudul Model permainan untuk mengembangkan gerak dasar manipulatif dan kerjasama peserta didik sekolah dasar kelas bawah. Berdasarkan penilaian para ahli materi dan guru dapat disimpulkan bahwa model permainan untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar manipulatif sesuai dengan kurikulum dan karakteristik SD. Selain itu, model permainan ini dapat mengembangkan kemampuan kerjasama peserta didik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ib

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Indonesia Berdaya particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as ...