IBTIDAIYYAH : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 3 No 1 (2024): Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA HIPERAKTIF DI SDN SUMBERSARI 2 KOTA MALANG

Izzah, Atikah Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

ABSTRACT A direct learning strategy to improve the cognitive abilities of hyperactive students is a teaching approach that involves teacher instruction, where the teacher transfers information directly to hyperactive students. This research aims to improve the cognitive abilities of hyperactive students in the learning process. The results of this research are important to use as a guide in implementing learning strategies for students, especially hyperactive students. The theory used in this research is Jean Piaget's cognitive theory. The method applied in this research is a qualitative case study research method. The research results state that as a teacher who teaches students with special needs, especially hyperactive students, the teacher first knows the characteristics of each student. After knowing the characteristics of the students, the teacher applies learning strategies that are suitable for use when teaching. The direct learning strategies used are lectures, practice & exercises and demonstrations. Apart from teaching, teachers are also obliged to guide and handle hyperactive students at school. Through teaching and treatment it will be important in improving the cognitive abilities of hyperactive students. ABSTRAK Strategi pembelajaran langsung untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa hiperaktif merupakan suatu pendekatan pengajaran yang melibatkan intruksi guru, dimana guru mentransfer informasi secara langsung kepada siswa hiperaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif siswa hiperaktif dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini penting untuk dijadikan pedoman dalam melakukan strategi pembelajaran bagi siswa terkhusus siswa hiperaktif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif Jean Piaget. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagai seorang guru yang mengajar siswa berkebutuhan khusus terutama siswa hiperaktif, guru terlebih dahulu mengetahui karakteristik setiap siswanya. Setelah mengetahui karakteristik siswa kemudian guru menerapkan strategi pembelajaran yang cocok untuk digunakan ketika mengajar. Strategi pembelajaran langsung yang digunakan yaitu ceramah, praktik&latihan dan demonstrasi. Selain mengajar, guru juga dituntut untuk membimbing dan menangani siswa hiperaktif di sekolah. Melalui pengajaran dan penanganan tersebut akan menjadi penting dalam meningkatkan kognitif siswa hiperaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijpgmi

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit ...