PENABIBLOS
Vol. 14 No. 02 (2023): JURNAL PENABIBLOS (JPS)

PENGARUH PENGAJARAN TENTANG KEDEWASAAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN STUDI KASUS TERHADAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAK

Yusak Ezer Kaley (Unknown)
Evi Tobeli (Unknown)
Puji Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Kedewasaan adalah suatu hal yang dimiliki setiap orang. Dalam pertumbuhan menuju kedewasaan terdapat salah dua komponen penting yang mendasari kedewasaan seseorang. Komponen pertaman adalah kedewasaan usia atau adult dan kedua adalah pola pikir. Kedewasaan usia adalah suatu hal yang mutlak terjadi pada setiap orang, tetapi kedewasaan pola pikir adalah pilihan suatu pilihan. Orang yang dewasa adalah orang yang melakukan yang benar dan tidak mudah untuk digoyahkan dengan hal-hal yang bersiat duniawi. Untuk memahami arti kedewasaan tersebut, metode pembelajaran studi kasus digunakan sebagai sarana atau metode untuk membantu peserta didik memahami, menganalisi dan menemukan solusi terhadap persoalan yang terjadi.Dengan pola pikir yang dawasa maka seseorang dapat menjalankan tugasnya sebagai seorang individu yang dikenal dengan tanggung jawab. Tanggung jawab adalah suatu hal yang wajib lakukan dengan sepenuh hati diantaranya adalah tanggung jawab kepada Tuhan, diri sendiri, keluarga dan sekolah/pendidikan. Dengan kedewasaan pola pikir dapat memberikanpengaruh terhadap tanggung jawab peserta didik. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa kedewasaan polapikir yang dimiliki peserta didik memiliki pengaruh terhadap tanggung jawab peserta didik memiliki hubungan yang valid dengan nilai korelasi rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPS

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

JURNAL PENABIBLOS merupakan jurnal dengan Scope Pendidikan agama kristen, musik gereja dan teologi konseling kristen yang dikelola oleh prodi S2 PAK ...