Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2024): Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika

Pengaruh Kabut Asap Terhadap Proses Belajar Mengajar Matematika Kelas VI di MIS NU Palangka Raya

Ulfah Islamiyah (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Palangka Raya, Indonesia)
Istiyati Mahmudah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

ABSTRACT Mathematics is a subject at the elementary, middle and high school levels of education. Mathematics includes the study of abstract concepts or abstract mathematical objects. This research aims to determine the effect of haze on the teaching and learning process of class VI mathematics. The methods used in this research are qualitative and quantitative analysis. Qualitative data in this research was carried out by collecting data from interviews with class VI Mathematics teachers. Meanwhile, the quantitative data in this research is data from differences in students' learning outcomes during face-to-face learning and distance learning (PJJ). The learning outcomes of students during face-to-face meetings are between 65% complete and 35% incomplete with an average score of 64.8. Meanwhile, the learning outcomes of distance students are between 32% complete and 68% incomplete with an average score of 60. ABSTRAK Matematika merupakan mata pelajaran yang ada pada jenjang pendidikan dasar, menengah pertama, dan menengah atas. Matematika mencakup studi tentang konsep-konsep abstrak atau objek matematika yang bersifat abstrak.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kabut asap terhadap proses belajar mengajar matematika kelas VI. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data dari hasil wawancara guru Matematika kelas VI. Sedangkan data kuantitatif pada penelitian ini adalah data dari perbedaan hasil belajar peseta didik saat pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Adapun hasil belajar peserta didik saat tatap muka yaitu dengan interval nilai tuntas 65% dan tidak tuntas 35% dengan nilai rata – rata 64,8. Sedangkan hasil belajar peserta didik jarak jauh yaitu dengan interval nilai tuntas 32% dan tidak tuntas 68% dengan nilai rata – rata 60.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika telah memiliki nomor register ISSN versi online (e 2828-8386). Jurnal Galois: Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ...