BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 3 No. 2 (2023)

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Azmi Wandraini (Universitas Negeri Padang)
Dini Busfi Wulandari (Universitas Negeri Padang)
Utami Azzahra (Universitas Negeri Padang)
Yosi Rahma Dona (Universitas Negeri Padang)
Ardi Ardi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Pendidikan karakter adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh warga sekolah, termasuk orang tua dan warga masyarakat untuk membentuk sikap, watak, kebiasaan atau perilaku yang baik dalam perkembangannya, sehingga memiliki sifat peduli, berpendirian, dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di SMA pada mata pelajaran biologi. Metode analisis yang digunakan dalam membahas topik utama menggunakan kajian literatur dari berbagai sumber yang telah ditentukan. Teknik analisis data ini dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis dan mengidentifikasi sumber bacaan yang digunakan, sehingga dihasilkan ringkasan yang memuat sejumlah informasi. Berdasarkan hasil analisis literatur diketahui bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SMA pada pembelajaran biologi melalui peran guru dalam memberdayakan sikap keteladanan. Nilai-nilai karakter yang diterapkan adalah rasa ingin tahu, giat belajar, berpikir logis, disiplin, mampu berpikir tingkat tinggi, mampu berkreasi, memiliki harga diri yang tinggi, menghargai pendapat yang berbeda dengan orang lain, berkata jujur, mencintai alam, bertanggung jawab, tidak selalu bergantung pada orang lain, taat beribadah, mampu mencari solusi masalah, memiliki karya (berkarya) dan gemar membaca. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi pembentukan karakter dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui pengenalan nilai, pengintegrasian nilai ke dalam perilaku siswa melalui proses pembelajaran yang berlangsung baik di dalam maupun di luar kelas pada mata pelajaran Biologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...