Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi sains siswa setelah menerapkan LKPD berbasis Socio Scientific Issues (SSI) pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SMP di Sidoarjo dengan subjek penelitian kelas VII B sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu berupa lembar tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis peningkatan kemampuan literasi sains dengan menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kemampuan literasi sains siswa pada saat pretest memperoleh rata-rata sebesar 38,03 dan mengalami peningkatan pada hasil posttest memperoleh rata-rata sebesar 84,29. Selain itu, dapat diperoleh hasil N-gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan LKPD berbasis Socio Scientific Issues (SSI) dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Copyrights © 2024