BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Azzahra, Maura (Unknown)
Khoiri, Ahmad (Unknown)
Sugiyanto, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Salah satu tujuan utama pendidikan yaitu mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, karena keterampilan ini menjadi landasan untuk menghadapi tantangan kompleks dalam kehidupan sehari-hari dan karir di masa depan. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui implementasi model pembelajaran POE dengan metode demonstrasi 2) mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran POE melalui metode demonstrasi 3) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran POE melalui demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa soal pretest dan posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) implementasi model pembelajaran POE dengan metode demonstrasi mampu memberikan kemudahan bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. 2) adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan Ho ditolak dan Ha diterima yang ditunjukan dengan perolehan thitung = 3,257 dan ttabel = 2,085, thitung > ttabel dengan taraf signifikansi 5%. 3) hasil uji gain terbukti bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 56,57 pada kategori sedang dan tafsiran efektivitas sebesar 56,57% pada kriteria cukup efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...