IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol. 5 No. 1 (2020): Volume 05 No 1 2020

PENERAPAN MEDIA VIRTUAL TOUR DENGAN GOOGLE EXPEDITION DALAM PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

Taufiqurrohman, Taufiqurrohman (Unknown)
Sumbawati, Meini Sondang (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2021

Abstract

Media Virtual Tour yang dikembangkan oleh Google, diperlukan oleh pemandu wisata untuk membuat simulasi tentang suatu obyek wisata, dapat juga digunakan sebagai media belajar pada mata pelajaran Pemanduan Wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul media Virtual Tour dengan Google Expedition dalam pembelajaran Project Based Learning, seberapa besar motivasi belajar setelah menerapkan Media Virtual Tour dengan Google Expedition dalam pembelajaran Project Based Learning, mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan Media Virtual Tour dengan Google Expedition dalam proses Project Based Learnin. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan model penelitian quasi experimental design dalam bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa SMK Negeri 10 Surabaya Kelas XI dengan sampel peserta didik kelas XI UPW 1 dan kelas XI UPW 2 yang berjumlah masing-masing 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar kelas eksperimen XI UPW 2 lebih tinggi dari kelas XI UPW 1, pada kelas eksperimen terdapat 15 peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan kelas control hanya 5 peserta didik yang memiliki nilai motivasi belajar tinggi. Hasil belajar setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan menggunakan media pembelajaran virtual tour pada kelas eksperimen mendapatkan nilai hasil belajar rata-rata sebesar 85,54 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar pada kelas control yairu sebesar 83,1 yang menggunakan.media-pembelajaran power point. Hasil yang diperolah ini sesuai dengan uji t yang menunjukka nilai signifikansi-nya adalah 0,045 atau lebih keci dari 0,05. Ini membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran virtual tour dengan model pembelajaran Peoject Based Learning menunjukan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...