IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol. 5 No. 1 (2020): Volume 05 No 1 2020

STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN PLATFORM SOCRATIVE DAN CLASSDOJO DI KELAS GOOGLE CLASSROOM

Nuriyawan, Andy (Unknown)
Wibawa, Setya Chendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2021

Abstract

Pada dasarnya penggunaan platform seperti socrative dan classdojo dapat membantu guru dalam proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Tetapi dibutuhkan informasi lebih lanjut mengenai penggunaan platform mana yang lebih baik dan lebih sesuai digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan penggunaan socrative dan classdojo di kelas google classroom serta mengetahui keunggulan masing-masing platform.Sehingga guru dan siswa diharapkan dapat memilih platform yang sesuai dalam pembelajaran dan juga bisa meningkatkan kemampuan yang inovatif.Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan studi pustaka (metode komparasi) yang kemudian dilakukan komparasi antara studi pustaka yang telah didapatkan. Metode komparasi adalah suatu metode yang digunakan untuk membandingkan data-data yang berasal dari studi literatur kemudian ditarik ke dalam konklusi baru. Dari hasil literature review yang ada didapatkan hasil penelitian yaitu bahwa penggunaan platform classdojo lebih sesuai dengan google classroom, sebanyak 29% siswa lebih tertarik menggunakan platform classdojo, dan 12% memilih platform socrative. Novelty dari paper ini yaitu aplikasipclassdojo lebihpsesuai dibandingkan socrative. Classdojo lebih bisa mendorong dan memotivasipsiswa untukpmelakukan pekerjaan yang lebih baik serta dapat mengembangkan keterampilanpdan pengaturanpdiripsiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...