IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol. 6 No. 2 (2021): Volume 06 No 2 2021

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA SISWA YANG MEMILIH KOMPETENSI KEAHLIAN SENDIRI DAN TIDAK MEMILIH SENDIRI MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KORELASI

Azariyah, Devi Lutfiana (Unknown)
Dermawan, Dodik Arwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2021

Abstract

Dalam memilih kompetensi keahlian dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam diri dan faktor eksternal atau faktor dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi siswa dalam memilih kompetensi keahlian dan melihat prestasi belajar siswa yang lebih baik antara siswa yang memilih kompetensi keahlian berdasarkan keinginannya sendiri dan siswa yang memilih kompetensi keahlian tidak berdasarkan keinginannya sendiri dengan menggunakan metode analisis korelasi. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang memilih kompetensi keahlian berdasarkan kemauannya sendiri adalah sebesar 80,12 dengan nilai paling rendah adalah 77,50 dan nilai paling tinggi adalah 83,50 lebih tinggi dipadankan dengan nilai rata-rata siswa yang memilih kompetensi keahlian tidak berdasarkan keinginannya sendiri sebesar 80,1 dengan nilai paling rendah adalah 77,37 dan nilai paling tinggi adalah 82,37. Hasil uji analisis korelasi menunjukkan bahwa tidak adanya korelasi antara pemilihan kompetensi keahlian berdasarkan keingiannya sendiri dan pemilihan kompetensi keahlian tidak berdasarkan keinginannya sendri terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...