IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol. 6 No. 3 (2021): Volume 06 No 3 2021

Efektifitas EFEKTIFITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI ANTRIAN PENGAMBILAN IJAZAH (SIANI) SEBAGAI PENUNJANG LAYANAN AKADEMIK DI BAKPK UNESA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Putri, Rezky Arisanti (Unknown)
Sujono, Sujono (Unknown)
Mislica, Anita (Unknown)
Yudianto, Eka (Unknown)
Widiyanti, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Munculnya wabah virus Corona yang menyerang hampir seluruh wilayah di Indonesia, serta pemberlakuan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak pada semua sektor. Baik dalam bentuk kegiatan maupun aktivitas setiap sektor termasuk layanan akademik di perguruan tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan agar layanan akademik dapat berjalan secara efektif adalah memanfaaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang diintegrasikan kedalam sistem informasi manajemen. Sistem Informasi Antrian Pengambilan Ijazah (SIANI) adalah sistem informasi yang berbasis komputer dan internet yang digunakan oleh BAKPK Unesa untuk menunjang layanan akademik di masa pandemi Covid-19 saat ini. Tahapan penelitian ini mengacu pada model of instructional development cycle meliputi fase analysis (analisis), planning (perencanaan), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation and revision (evaluasi dan revisi). Berdasarkan hasil penilaian responden penerapan SIANI sebagai penunjang layanan akademik di BAKPK Unesa pada masa pendemi covid-19 dinilai sangat efektif karena telah memenuhi beberapa aspek penilaian yang diujikan. Selain itu, penerapan SIANI dapat meningkatkan kecepatan pelayanan pengambilan ijazah di BAKPK Unesa. Kata Kunci: efektivitas, layanan akademik, SIANI

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...