IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol. 9 No. 2 (2024): Volume 09 No 2 2024

Rancang Bangun Media Pembelajaran “E-Study” Berbasis Website Dengan Model Pjbl Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Dasar Pada Siswa Kelas X RPL Di SMKN 1 Surabaya

Sholicha, Nisa Nur (Unknown)
Susanti, Martini Dwi Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Platform media pembelajaran yang dirancang peneliti dengan nama E-Study ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi kognitif dan psikomotorik siswa dalam pemrograman dasar antara pembelajaran berplatform website dengan PJBL dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran pemrograman dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan mengadopsi model ADDIE. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan format One Group Pretest Posttest. Media pembelajaran dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP 8.2 untuk back-end, React JS untuk front-end, framework Laravel, serta database MySQL. Validasi media, soal, materi, RPP menunjukkan tingkat validitas berturut-turut sebesar 87%, 88%, 85%, 76%. Rata-rata nilai posttest kognitif lebih tinggi daripada pretest kognitif, yaitu 76,9 > 47,6. Sementara itu, rata-rata nilai posttest psikomotorik juga lebih tinggi dari pada pretest psikomotorik, yakni 77,8 > 37,6. Hasil uji hipotesis paired sample t-test hasil belajara kognitif dan psikomotorik menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima, dalam arti ada perbedaan hasil belajar siswa yang telah menggunakan media pembelajaran E-Study berbasis website dan yang tidak menggunakan media pembelajaran E-Study berbasis website pada mata pelajaran Pemrograman Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...