Penelitian ini membahas inovasi digital yang dapat digunakan untuk membangun keterampilan bahasa pada anak usia dini dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi di abad 21 semakin pesat dalam perkembangan zaman era digital saat ini, integrasi teknologi menjadi salah satu pendekatan yang menarik untuk memperkaya pembelajaran bahasa pada anak usia dini. Pendekatan digital yang inovatif memainkan peran penting dalam meningkatkan keterampilan bahasa di anak usia dini. Penelitian menyoroti efektivitas membaca buku cerita digital, terutama bila dilakukan secara dialogis, dalam mendorong perkembangan bahasa anak-anak. Intervensi menggunakan web kata dan perangkat seluler telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam meningkatkan kosakata, perilaku, dan kesejahteraan pada anak-anak dengan gangguan bahasa. Berbagai aplikasi dan platform digital telah dirancang khusus untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa pada anak usia dini. Melalui penggunaan permainan edukatif, aplikasi belajar membaca, dan konten multimedia interaktif, anak-anak dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran bahasa. Pendekatan ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar mereka, tetapi juga meningkatkan motivasi dan minat mereka terhadap bahasa. Selain itu, pengajaran bahasa yang dibantu seluler melalui teknologi terpilih telah ditemukan untuk secara signifikan meningkatkan kompetensi linguistik pada siswa pendidikan dasar. Selain itu, teknologi dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan bahasa dan pengenalan angka di anak usia dini, menekankan pentingnya kegiatan seperti mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dengan alat digital. Temuan ini secara kolektif menggaris bawahi potensi inovasi digital dalam memelihara kemampuan bahasa. Kata Kunci : Bahasa , Inovasi Digital, Pendidikan Usia Dini
Copyrights © 2023