Amerta Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 2 No 1 (2022): Amerta Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR

Tri Yuliansyah Bintaro (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian siswa, khususnya di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah dasar, serta mengidentifikasi dampaknya terhadap perkembangan karakter siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus di beberapa sekolah dasar di daerah Jawa Tengah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa, serta observasi langsung kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik untuk menemukan pola-pola penerapan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai kearifan lokal, seperti gotong royong, saling menghormati, dan kejujuran, dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai moral dan sosial. Guru berperan aktif dalam mengembangkan materi pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan budaya setempat, serta melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan praktis yang mendukung penerapan nilai-nilai tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dapat menjadi strategi efektif dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Selain itu, dukungan dari seluruh komunitas sekolah, termasuk orang tua, sangat penting untuk keberhasilan implementasi program ini. Penelitian ini menyarankan perlunya pengembangan panduan praktis bagi guru dalam menerapkan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, serta penguatan kerjasama antara sekolah dan masyarakat dalam melestarikan dan mengajarkan nilai-nilai budaya lokal. Kata kunci: Pendidikan karakter, Kearifan lokal, Sekolah dasar, Nilai-nilai budaya, Pembentukan karakter, Pembelajaran kontekstual, Gotong royong, Integrasi budaya, Pendidikan moral, Partisipasi komunitas sekolah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

amerta

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Amerta Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Penerbit Amerta Media Purwokerto. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan penelitian lainnya yang ...