Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan

MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK DI SMKN 1 MERANGIN

Ariyani, Rika (Unknown)
Darni, Darni (Unknown)
Replianis, Replianis (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2023

Abstract

Manajemen pemasaran pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, terutama di era globalisasi yang semakin kompetitif saat ini. Pemasaran Pendidikan merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan minat masyarakat. Melalui strategi pemasaran yang efektif, masyarakat akan lebih mengenal dan mengetahui program-program yang ditawarkan oleh suatu lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas lebih mendalam mengenai manajemen pemasaran pendidikan yang digunakan oleh SMKN 1 Merangin. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen pemasaran Pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik di SMKN 1 Merangin terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan dilakukan dengan cara menganalisis peluang yang dimiliki dan menetapkan strategi pemasaran. Pengorganisasian dilakukan dengan cara membentuk tim pemasaran. Pelaksanaan pemasaran dilakukan secara offline dan online dengan memanfaatkan media sosial dan website. Pengawasan dilakukan dengan cara memantau secara langsung kegiatan pemasaran di SMKN 1 Merangin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Mikraf

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Mikraf adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif, Jambi. Jurnal Mikraf merupakan wadah para akademisi dan praktisi pendidikan untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan pendidikan ke ...