Branding: Jurnal Manajemen & Bisnis
Vol 2, No 1 (2023): BRANDING: Jurnal Manajemen dan Bisnis

MEDIA SOSIAL, LITERASI DIGITAL, DAN INOVASI BISNIS TRIKOTOMI BARU DALAM MANAJEMEN STRATEGI

Hilda Yunita Wono (Universitas Ciputra Surabaya)
Nofal Supriaddin (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari)
Fitrani Amin (Universitas Muhammadiyah Kendari)
Yudiana Indriastuti (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Siska Armawati Sufa (Universitas Dr. Soetomo Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak literasi digital, pemanfaatan media sosial, dan inovasi bisnis terhadap strategi pertumbuhan perusahaan. Peneliti menerapkan metodologi penelitian kualitatif, dengan menganalisis laporan perusahaan, wawancara mendalam dengan manajer senior dan eksekutif, serta analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi digital yang tinggi dalam organisasi memainkan peran sentral dalam mendukung kemampuan perusahaan dalam mengadopsi teknologi terkini dan merumuskan strategi inovatif yang tanggap terhadap perubahan pasar. Selain itu, pemanfaatan media sosial yang efektif mengintensifkan hubungan antara perusahaan dan pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan memberikan dampak positif pada pengambilan keputusan strategis. Di sisi lain, inovasi bisnis yang diiringi oleh kemajuan teknologi digital memberikan keunggulan kompetitif yang lebih besar dalam menghadapi dinamika pasar yang cepat. Berkaitan dengan hal tersebut maka hasil penelitian ini memberikan panduan berharga bagi praktisi bisnis, menggarisbawahi pentingnya berinvestasi dalam literasi digital, mengembangkan strategi media sosial yang cerdik, dan membentuk budaya inovasi yang kuat sebagai elemen kunci dalam manajemen strategi perusahaan di era digtal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

branding

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

BRANDING: Jurnal Manajemen & Bisnis (issn: 2963-8852) is a peer-reviewed journal published two times a year (April and October) by Department of Management, Faculty of Economic and Islamic Business. This journal is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research ...