Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 2 (2024): Mei - Agustus 2024

Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Minat Belajar Siswa SD pada Mata Pelajaran Matematika

Lilis Lisnawati (Universitas Terbuka)
Juhana Juhana (Universitas Terbuka)
Sri Dewi Nirmala (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar siswa SD pada mata pelajaran matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, metode eksperimen kuasi dengan non-equivalent control group desain. Alat pengumpul data adalah angket dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan pengaruh antar variabel, serta analisis statistik untuk menguji hipotesis menggunakan uji t, yaitu independent sample t test dengan bantuan SPSS IBM 22,0 dan taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka dapat diinterpretasikan bahwa H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar matematika pada indikator perasaan senang, keterlibatan aktif, ketertarikan, dan perhatian. Besarnya pengaruh adalah sebesar 45%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan dari strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar siswa SD pada mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...