Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Vol 3 No 02 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science

Pengaruh Diversifikasi Produk, Promosi Penjualan, dan Reputasi Merek Terhadap Minat Beli Konsumen pada Industri Makanan dan Minuman di Bandung

Yana Priyana (Eastasouth Institute)
Sarwo Eddy Wibowo (Politeknik Negeri Samarinda)
Dasa Rahardjo Soesanto (Universitas Utpadaka Swastika)
Evaf Maulina (Sekolah Tinggi Penerbangan AVIASI)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh diversifikasi produk, promosi penjualan, dan reputasi merek terhadap niat beli konsumen dalam industri makanan dan minuman di Bandung, Indonesia. Sampel sebanyak 130 konsumen disurvei dengan menggunakan kuesioner terstruktur, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling dengan Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara diversifikasi produk, promosi penjualan, reputasi merek, dan niat beli konsumen. Diversifikasi produk, promosi penjualan, dan reputasi merek secara bersama-sama menjelaskan 76,3% dari varians niat beli konsumen. Analisis mediasi lebih lanjut mengungkapkan bahwa promosi penjualan dan reputasi merek memediasi sebagian hubungan antara diversifikasi produk dan niat beli konsumen. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya inisiatif pemasaran strategis dalam membentuk perilaku konsumen dan mendorong keputusan pembelian dalam industri makanan dan minuman di Bandung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbmws

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science adalah Jurnal Manajemen dan Bisnis sebagai tempat untuk menyebarluaskan hasil penelitian, kajian dan ide di bidang manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Westscience Press. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2022.Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science ...