Jurnal Pendidikan West Science
Vol 2 No 01 (2024): Jurnal Pendidikan West Science

Analisis Bibliometrik Kontribusi dan Kesenjangan pada Tren Penelitian tentang Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Kualitas Pemikiran Mahasiswa

Loso Judijanto (IPOSS Jakarta, Indonesia)
Syatria Adymas Pranajaya (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Sitti Hasnah (UIN Datokarama Palu)
Siska Dwi Yulianti (Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis bibliometrik terhadap tren penelitian tentang pendidikan karakter dalam meningkatkan kualitas pemikiran mahasiswa. Dengan menggunakan data dari artikel ilmiah, jurnal, dan konferensi terkait, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kontribusi utama dari penelitian yang telah ada, mengidentifikasi topik-topik yang paling sering dibahas, serta mengidentifikasi area yang memerlukan penelitian lebih lanjut. Analisis bibliometrik juga memberikan wawasan tentang perkembangan konsep dalam pendidikan karakter dan menggambarkan bagaimana fokus penelitian telah berubah seiring waktu. Hasil analisis ini memberikan panduan bagi para peneliti masa depan untuk mengembangkan bidang ini dan membantu lembaga pendidikan merancang program-program yang lebih efektif dalam memperkuat karakter mahasiswa. Penelitian ini memiliki dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan pembentukan generasi yang lebih beretika dan berkarakter.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdws

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Westscience Press, Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang ilmu pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan ...