Jurnal Pendidikan West Science
Vol 2 No 02 (2024): Jurnal Pendidikan West Science

Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Mendesain Media Pembelajaran Berbasis Literasi Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia SD 1 UMN Al Washliyah

Sutarini Sutarini (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Sutikno Sutikno (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Mimi Rosadi (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Putri Juwita (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Model Project based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang inovatif dan berpusat kepada mahasiswa dalam menghasilkan suatu proyek pembelajaran. Model PjBL ini menuntut mahasiswa untuk dapat berpikir kritis dan kreatif, sedangkan peran pendidik sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mendesain media pembelajaran berbasis literasi melalui penerapan model PjBL dalam proses belajar mengajar pada mata kuliah Bahasa Indonesia SD. Peranan media dalam pembelajaran sangatlah penting, sehingga mahasiswa harus diberikan bekal dalam mendesain media pembelajaran yang sesuai untuk menjadi guru yang kreatif dan professional. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PGSD UMN Al Washliyah. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdws

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Westscience Press, Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang ilmu pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan ...