Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM
Vol. 12 No. 1 (2024): JURNAL PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SDM

Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Reyvita Wike Wijaya (Unknown)
Idris (Unknown)
Agus Purnomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dukungan orang tua dalam bentuk dukungan informasi, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan emosional terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian yang dipilih adalah siswa SMP di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda untuk mengetahui adakah pengaruh pada dukungan informasi (X1), dukungan penghargaan (X2), dukungan instrumental (X3), dan dukungan emosional (X4) terhadap variabel motivasi belajar anak (Y) selama pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua mencakup dukungan informasi, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, danĀ  dukungan emosional. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa dari empat variabel dukungan orang tua di antaranya dukungan informasi, dukungan instrumental, dan dukungan informasi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi anak selama pembelajaran jarak jauh. Sementara itu dukungan penghargaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengetahui karakteristik siswa yang akan dijadikan sebagai responden penelitian guna memperdalam pembahasan dari masing-masing variabel dan data yang diperoleh semakin dapat menghasilkan analisis data yang mendalam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

psikologi

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Psikologi : Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM menerima naskah berdasarkan riset empiris, baik kuantitatif dan kualitatif. Selain itu, juga menerima naskah meta analisis atau systematic review yang memiliki keunggulan dalam hal ...