Gahwa
Vol 1 No 2 (2023): JANUARY-JUNE

IMPLEMENTASI METODE QUR’ANI SIDOGIRI DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDA’IYAH

Hadi, Syamsul (Unknown)
Fina Surya Anggraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Madrasah Ibtida’iyah Al-Jawahir mulai menerapkan metode baca Qur’an yang dicetuskan oleh Ponpes Sidogiri yang merupakan salah satu pesantren bercorak salaf yang ada di Jawa Timur dengan metode baca Qur’an yang bernama “Metode Qur’ani Sidogiri”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtida’iyah Al-Jawahir sebelum diterapkan Metode qur’ani Sidogiri, (2) Untuk mendeskripsikan penerapan Metode tersebut dalam menunjang kemampuan membaca Qur’an santri di Madrasah Ibtida’iyah Al-Jawahir. (3) Untuk menganalisis faktor penghambat dalam penerapan Metode tersebut di Madrasah Ibtida’iyah Al-Jawahir. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) sebelum diterapkannya MQS, belum ada penerapan khusus tentang pembelajaran di bidang Al-Qur’an sehingga beberapa santri baik itu yang masih aktif atau yang sudah lulus tidak dapat dijamin kualitasnya dalam bidang membaca Al-Qur’an. 2) MQS mulai diterapkan sejak tahun 2019 dan proses pembelajaran dilaksanakan di pagi hari serta dimasukkan dalam jadwal aktif pembelajaran di jam pertama dengan tujuan agar santri lebih fokus dalam mengikuti pelajaran 3) Adapun faktor penghambat dari proses pelaksanaan MQS yaitu mengenai masalah kedisplinan peserta didik yang masih kurang tertib dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini guru dituntut agar dapat mengatasi masalah tersebut diantaranya dapat dilakukan dengan cara memberikan Reward & Punishment

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gahwa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AIM : Gahwa, Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk menjadi platform utama dalam menyebarluaskan penelitian dan diskusi ilmiah mengenai pendidikan agama Islam, dengan fokus pada inovasi, teori, dan praktik yang memperkaya pemahaman serta implementasi pendidikan agama dalam konteks modern. SCOPE: 1. ...