Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2, Nomor 4, Desember 2022

ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN METODE BERNYANYI PADA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI PAUD AL HIDAYAH TANGGUNG

raras ayu prawinda (universitas nahdlatul ulama blitar)
Dessy Farantika (Unknown)
laela Luthfiana Rachmah (Unknown)
devi candra nindiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Usia dini ialah usia puncak keemasan bagi anak karena di usia itu anak-anak mengalami puncak perkembangan baik fisik ataupun psikis. Salah satu perkembangan anak di masa itu ialah kemampuan berbahasa baik tulis maupun lisan. Bahasa anak harus dikembangkan secara simultan dan tepat sesuai dengan tahapan perkembangan fisik dan psikis anak lainnya. Anak usia 4-6 tahun seyogyanya bisa berbicara dengan runtut, bertanya dan menjawab pertanyaan, mengetahui berbagai bilangan, menulis namanya, dan menyusun kalimat. Akan tetapi berdasarkan observasi awal siswa PAUD Al Hidayah Tanggung, masih banyak anak yang kemampuan berbahasanya belum berkembang. Ditunjukkan dengan 62% dari 18 anak belum bisa berbahasa lisan dan tulisan dengan baik sedangkan sisanya 38% anak sudah bisa melakukan dengan baik. Kurangnya kemampuan berbahasa mereka terlihat dari kurangnya komunikasi mereka dengan guru dalam aktivitas kesehariannya. Mengingat pentingnya kemampuan berbahasa maka perlunya metode yang tepat untuk upaya pengembangannya. Metode yang dimaksud adalah metode bernyanyi. Alasan dipilihnya metode ini dikarenakan anak-anak dari berbagai usia suka mendengarkan, bernyanyi dan belajar melalui lagu. Beberapa riset menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi memberikan dampak positif bagi perkembangan bahasa anak, dimana anak bisa menambah perbendaharaan kata yang dimiliki. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penerapan metode bernyanyi dengan kemampuan berbahasa siswa di PAUD Al Hidayah Tanggung, Kecamatan Garum Kabupaten Blitar pada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model eksperimen semu yaitu memakai desain penelitian One Shot Case Study. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Tes digunakan untuk pengumpulan data metode bernyanyi dan kemampuan berbahasa tulis, dan non tes berupa cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan signifikan positif antara penerapan metode bernyanyi dengan kemampuan berbahasa baik tulis ataupun lisan pada siswa PAUD Al Hidayah Tanggung, Kecamatan Garum Kabupaten Blitar pada tahun pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtpdm

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JTPDM (Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah): distributes articles related to meta-analysis (including systematic reviews) and research and suggestions for the teaching and learning process in Elementery school, junior high school, and senior high school. In addition, JTPDM (Jurnal Terapan ...