Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan
Vol 3 No 4 (2023): Volume 3, No. 4, Oktober 2023

Peningkatan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Gading Wetan Kecamatan Gading

Jalil, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Studi ini menemukan bahwa siswa di SD Negeri Gading Wetan Kecamatan Gading tidak memiliki keterampilan kebugaran jasmani yang cukup. Ini disebabkan oleh pelajaran yang tidak menarik bagi siswa; mereka tidak memiliki kemampuan teknik dasar lompat tinggi; dan mereka tidak memiliki kekuatan ledak otot tungkai yang cukup. Siswa tidak menunjukkan minat yang signifikan dalam pembelajaran. Dalam penelitian tindakan kelas dua siklus ini, langkah pertama adalah perencanaan (planning), langkah kedua adalah tindakan (action), dan langkah ketiga dan keempat adalah tindakan. Fokus penelitian adalah 17 siswa Kelas V SDN Gading Wetan Kecamatan Gading. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL mungkin membantu siswa belajar lebih baik. Data observasi siswa (afektiF) pada siklus I mencapai 74,86 persen (baik), dan pada siklus II mencapai 90,34 persen (sangat baik). Unjuk kerja psikomotor siswa mencapai 27,27 persen pada siklus I, 54,55 persen, dan 90,91 persen, sedangkan aspek kognitif mencapai ketuntasan pada siklus I 45,45 persen dan ketuntasan pada siklus II 81,82%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jprp

Publisher

Subject

Education

Description

This journal receives scientific articles relating to education including formal, informal, and non-formal education. The scope of this journal is the whole family of educational and learning ...