As-sunniyyah
Vol 3 No 01 (2023): September

Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Syaikhu, Ach (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Pendekatan kontekstual merupakan metode pembelajaran yang menghubungkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Daruttaqwa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan langkah-langkah pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan data, dengan keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual berhasil menciptakan siswa yang aktif dan efektif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

assunniyyah

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal As-sunniyyah Merupakan jurnal tentang publikasi hasil penelitian, pengabdian dan karya ilmiah mahasiswa IAI Al-Falah As-sunniyyah Kencong Jember yang merupakan kewajiban setiap mahasiswa untuk mengunggah karya ilmiah. Penerbitan jurnal ini dimaksudkan sebagai media komunikasi dan informasi ...