Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 6, No 3 (2023): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Kecerdasan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar PPKn Siswa SMK Swasta di Jakarta Timur

Inna Nur Inayah (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI)
Widodo Widodo (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan sosial dan efikasi diri terhadap prestasi belajar PPKn siswa SMK swasta di Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi. Data variabel kecerdasan sosial dan efikasi diri diperoleh melalui kuesioner, sedangkan  data prestasi belajar diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan sosial dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa, dengan indikasi nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 69,479; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan sosial terhadap terhadap prestasi belajar siswa, dengan indikasi nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,497; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap terhadap prestasi belajar siswa, dengan indikasi nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 5,500. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan sosial dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan swasta di Jakarta Timur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...