Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 3, No 3 (2020): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi, dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA Swasta di Kota Bekasi

Fahrurrazi Fahrurrazi (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kedisiplinan, Motivasi, dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA Swasta di Kota Bekasi. Populasi adalah peserta didik Sekolah Menengah Atas Swasta pada Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Kota Bekasi dengan besaran sampel 130 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner untuk mengukur variabel kedisiplinan, motivasi dan kesiapan belajar serta instrumen test untuk mengukur prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan, motivasi dan kesiapan belajarĀ  secara bersama-sama terhadap prestasi belajar geografi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 191.222.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...