Pengaruh Kebiasaan dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial survei di SMP Negeri Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 60 peserta didik dengan teknik acak sederhana. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial untuk mencari analisis regresi berganda, uji signifikansi simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan Kebiasaan dan Kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri Kabupaten Bogor. Dibuktikan dengan perolehan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fhitung=70.383. Variabel Kebiasaan dan kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 71,2% kepada variabel prestasi belajar IPS, Terdapat pengaruh yang signifikan Kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung=4,091. Variabel Kebiasaan belajar telah memberi konstribusi sebesar 21,27% kepada Presatsi Belajar IPS, Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung= 7.752. Kontribusi yang diberikan variabel kemandirian belajar kepada variabel Prestasi belajar IPS sebesar 49.9%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021