Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 4, No 2 (2021): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS

Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dipengaruhi kecerdasan emosional dan motivasi belajar (Studi di SMP Negeri Jakarta Barat)

Dwi Endah Sulistyowati (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)
Heru Sriyono (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2021

Abstract

Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini mengunakan metoda survei, dengan populasi siswa SMP Negeri di Jakarta Barat sejumlah 916 siswa. Dengan menggunakan teknik sampel acak proporsional diperoleh sampel sebanyak 90 siswa. Data diperoleh dari kuesioner dan tes Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dan dianalisis dengan SPSS 20. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Kecerdasan Emosional dan motivasi belajar berkontribusi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...